4 Cara Membuat Light Novel bagi Pemula

Hobi novel anime? Suka baca novel kartun? Dan bingung cara buatnya? Kalian tidak usah bingung, inilah 4 cara membuat light novel bagi pemula paling mudah dicoba.


Membuat light novel memang bukan perkara hal yang mudah. Seorang penulis tentu harus punya skill yang mempuni didunia novel ini.

4 Cara Membuat Light Novel bagi Pemula


Banyak sekali para penulis novel di Indonesia yang telah membuat light novel dengan berbagai macam judul hingga terbit.


Maka tak heran, jika buku light novel mereka banyak diminati oleh para pembaca hingga penjualan buku light novel sangat laris manis.


Namun, untuk seorang penulis pemula seperti saya, kayanya untuk bisa mencapai target sampai banyak yang belum masih berpikir keras. Karena, banyak sekali diluar sana terdapat buku light novel yang lebih menarik.


Tetapi, bagi saya itu tidak jadi masalah. Mencoba berkecimbung dalam membuat light novel dalam satu judul saja sudah senang. Apalagi kalau sudah banyak.


Lantas, bagaimana sih cara membuat light novel yang paling mudah ditiru?


Ada beberapa langkah yang harus kalian siapkan sebelum pembuatan. Kalian harus tahu unsur-unsur light novel itu sendiri. Jika sudah paham tentang hal tersebut, kalian bisa mencobanya menulis.


Baca Juga: Cara Jadi Penulis Novel Online dengan Mudah


Cara Membuat Light Novel


Apabila kalian sedang mencari contoh bagaimana cara membuat light novel yang benar, kalian bisa ikuti langkah dibawah ini. Berikut ini, 4 cara membuat light novel bagi pemula yang mudah dicoba.


Tentukan Tema

Tentukan Tema, 4 Cara Membuat Light Novel bagi Pemula


Langkah pertama, cara membuat light novel yang benar adalah tentukan tema. Sebelum membuat naskah light novel, pertama yang harus kalian perhatikan adalah tema.


Dengan menetukan tema ini, tentu kalian dapat memudahkan dalam mencari judul dan alur cerita yang bagus.


Banyak sekali tema light novel yang bisa kalian buat, seperti tentang percintaan, persahabatan, petualangan dan pahlawan.


Kalian bisa memilih tema tersebut pada saat ingin memulai membuat light novel baik di buku maupun laptop.


Buat Judul

Buat Judul, 4 Cara Membuat Light Novel bagi Pemula


Setelah tentukan tema, langkah selanjutnya cara membuat light novel adalah buat judul. Pada bagian ini tentu kalian harus fokus dan teliti agar bisa mendapatkan nama judul yang menarik.


Banyak sekali judul-judul yang bisa dijadikan sebagai light novel. Salah satu contoh judul light novel yang bisa kalian gunakan, seperti: “Kunci Ajaib”, “Katakan Cinta di Sekolah”, “ Perang di Atas Bukit Manaha”, dll.


Masih banyak lagi nama judul yang bisa kalian gunakan pada saat membuat light novel. Namun, menurut saya buatlah judul yang lebih singkat tapi menarik.


Mengapa harus seperti itu? Karena, untuk memudahkan dalam mengatur alur cerita dan menciptakan daya tarik bagi pembaca.


Menulis Alur Cerita

Menulis Alur Cerita, 4 Cara Membuat Light Novel bagi Pemula


Cara membuat light novel yang ketiga adalah menulis alur cerita. Setelah mendapatkan judul yang pas dan cocok, maka kalian tinggal mulai menulis alur cerita secara tersusun, terarah dan juga menarik.


Buatlah awal alur cerita dengan memberikan humanis jangan langsung mengambil inti. Pikirkan dan berimajinasi agar bisa menciptakan ide-ide yang kuat dalam membuat alur cerita.


Hindari pengulangan kata didalam alur cerita, supaya tidak membingungkan pembaca dan mudah cepat bosan dengan light novel kalian.


Tentukan kalimat-kalimat dari setiap paragraph. Agar bisa menghasilkan pembahasan dan penyampaian yang mudah dipahami.


Latar Belakang

Latar belakang, 4 Cara Membuat Light Novel bagi Pemula


Adapun, cara membuat light novel berikutnya adalah menambahkan latar belangkang. Disini, kalian bisa menambahkan gambar ilustari.


Kalian bisa membuat ilustrasi gambar disetiap halaman. Agar mata pembaca tidak merasa bosan dan membacanya.


Lantas, bagaimana jika saya tidak bisa menggambar?


Apabila kalian tidak bisa menggambar, mungkian kalian bisa minta bantuan teman yang mahir dibidang desain. Namun, tetap kalian harus berbarengan pada saat membuat ilustrasi gambar agar hasilnya lebih memuaskan.


Atau, jika kalian ingin mencobanya sendiri, kalian bisa menggambar ilustrasi di aplikasi maupun software photosop.


Nah, itulah pembahasan 4 cara membuat light novel bagi pemula yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi seorang penulis pemula yang ingi terjun dibidang pembuatan buku light novel.


Jika kalian ingin menambahkan seputar pembuatan light novel, silahkan komentar dibawah ini.


Baca Selanjutnya: 5 Cara Membuat Kata Pengantar Novel yang Singkat Saja-NEW!

Tinggalkan komentar