Begini Cara Membuat Bookstagram: Mulai Membuat Akun, Memilih Tema sampai Edit

Bookstagram adalah sebuah istilah yang digunakan untuk orang pencinta buku dan sekaligus memiliki hobi fotografi dengan buku sebagai objeknya. Kenapa dinamakan bookstagram? Tak lain karena tempat untuk memosting foto tersebut yaitu instagram. Apakah sulit untuk membuat bookstagram? Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu instagram dan buku sebagai objeknya. Untuk lebih jelas bagaimana cara melakukannya, simak informasinya berikut ini.

Membuat Akun

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat bookstagram adalah dengan daftar akun di instagram terlebih dahulu menggunakan email atau nomer handphone yang aktif. Setelah berhasil membuat akun selanjutnya Anda bisa membuat nama sekreatif yang Anda inginkan. Kemudian jangan lupa untuk memasang foto profil untuk memudahkan orang mengenal Anda. Tak harus muka, Anda memasang gambar apa saja misalnya buku.

Selain foto profil ada hal yang perlu juga untuk Anda isi yaitu bio. Bio di instagram ini wajib Anda isi agar orang lain tahu fokus dan tujuan akun yang Anda buat tersebut berfokus ke hal apa. Anda tak perlu panjang lebar menuliskan sesuatu dalam bio tersebut, Anda hanya perlu menuliskan bio secara singkat, padat, serta jelas. Anda juga bisa menambahkan asal daerah, genre buku, atau hal lainnya.

Mencari Tema

Setelah Anda berhasil membuat akun serta melengkapi profil instagram yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mencari tema yang akan diterapkan. Apakah Anda akan memilih tema indoor, outdoor, wana favorit, tema book look, atau dengan tema lainnya. Bila Anda tema yang Anda kurang cocok, monoton, atau lainnya maka Anda tak perlu cemas karena semua itu akan berkembang seiring dengan waktu.

Konsisten memang perlu dalam memilih tema dan akan menjadi sebuah keuntungan untuk akun bookstagram baru untuk terkenal dengan ciri khasnya. Akan tetapi tidak semudah itu, oleh sebab itu lebih baik Anda coba terlebih dahulu dengan foto yang sesuai dengan keinginan dan nyaman untuk Anda sendiri. Bila selanjutnya ingin merubah tema foto maka tidak akan menjadi masalah.

Konsisten Memposting

Tak ada tujuan lain saat Anda konsisten memposting selain agar akun yang Anda miliki tidak tenggelam dengan akun lainnya. Anda bisa melakukan posting 2 kali dalam sehari, sekali dalam sehari, atau 2 hari sekali. Anda tak hanya aktif di feed saja namun bisa juga di instagram story. Kemudian Anda juga bisa menggunakan fitur terbaru instagram yaitu reels.

Saat memposting jangan lupa untuk mengisi caption. Caption bisa berupa review, quotes, atau kata yang menarik lainnya dari sebuah buku. Tak hanya caption, Anda juga perlu mengisikan hastag pada foto yang Anda posting. Hastag bisa membantu postingan Anda bisa dilihat oleh siapa saja. Dan tentu saja akan menambah likes pada foto dan tak jarang yang memfollow akun Anda tersebut.

Mengedit Foto

Untuk meresize ukuran dari sebuah foto maka Anda bisa menggunakan Photoscape. Sementara itu untuk mengatur kecerahan dan menggunakan filter pada foto Anda bisa menggunakan Snapseed atau VSCO. Anda juga bisa menggunakan fitur editing yang tersedia di instagram untuk menjadikan foto lebih bagus dan estetik. 

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara membuat bookstagram. Setelah Anda mengetahui cara membuatnya, apakah Anda tertarik untuk membuat bookstagram? Bila penjelasan terkait dengan bookstagram tak dijelaskan dalam tulisan ini maka Anda bisa mencari informasi lengkapnya di tulisan lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Baca juga Begini Cara Membuat Biodata Penulis untuk Buku Sendiri